Inilah Manfaat KTP Elektronik

Do you want to share?

Do you like this story?

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Gamawan Fauzi (Foto: Koran SI)
JAKARTA - Proyek KTP elektronik (e-KTP) akan dimulai pada Februari 2011. e-KTP nantinya menggunakan sistem sidk jari atau fingerprint sehingga dapat mengantisipasi penyelewengan kependudukan.

"Pemanfaatn dari e-KTP, selain mencegah pemilih ganda dalam pemilu juga bermanfaat untuk berbagai kepentingan seperti mencegah tenaga kerja ilegal, pembelian tanah dengan bermacam KTP, termasuk kejahatan-kejahatan lain. e-KTP menggunakan sistem fingerprint," jelas Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (24/1/2011).

Proyek ini, lanjut dia, akan dimulai pada 2011 dengan menjangkau 197 kabupaten/kota dengan total masyarakat sebanyak 97 juta jiwa. Sementara pada 2012, akan menjangkau 300 kabupaten/kota dengan jumlah 105 juta jiwa. "Jadi totalnya ini 172 juta KTP dalam 2 tahun," sambungnya.

Sementara untuk nomor induk kependudukan (NIK), akan berjalan pada Desember 2011 dan e-KTP pada Desember 2012.

"Target proyek ini awalnya untuk pemilu dengan harapan pemilu 2014 nanti, tidak ada lagi masalah dengan penggandaan KTP. Kemudian untuk mencegah kejahatan-kejahatan lain, seperti teroris," terang mantan Gubernur Sumatera Barat ini.

e-KTP, lanjut dia, berlaku secara nasional dan gratis. Warga tidak dikenakan biaya untuk pembuatan e-KTP. Sudah edaran sudah diberikan kepada para kepala daerah kabupaten/kota.

Soal keamanan, Gamawan juga memberikan jaminan. "Kami memaksimalkan teknologi dan ada 15 lembaga yang turut andil dalam proyek ini. Nanti sistemnya fingerprint dan kami menggunakan kualitas yang baik. Mudah-mudahan tidak bisa ditembus dan dipalsukan," tegasnya.
http://noveloke.co.cc/cooment.gif
Di Like Ya Gan

Sumber :http://news.okezone.com/read/2011/01/24/339/417473/ini-dia-manfaat-ktp-elektronik

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)