PlayStation 4 Ramah Lingkungan

Do you want to share?

Do you like this story?

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)


Usia PlayStation 3 belum sampai 10 tahun, sesuai dengan masa pakai seperti yang dicanangkan semula. Meski begitu, generasi penerusnya kini sudah disiapkan. Bahkan rancangannya hampir rampung. Namanya PlayStation 4 atau PS4.

Sejak diluncurkan pada 11 November 2006, PS3 meraup sukses di berbagai negara. Pada masa kemunculan pertamanya Sony berani mengklaim bahwa PS3 adalah pemutar video Blu-ray termurah yang ada saat itu.

Sayang, meski PS3 memiliki kemampuan luar biasa, para pengembang games belum secara maksimal mengeksplorasi kelebihan yang dimilikinya. Ini menjadi tantangan baru bagi Sony saat meluncurkan PS4 nanti.

Saat ini PS4 memang masih dalam tahap konsep dan pengembangan. Namun saat masuk masa produksi massal nanti dipastikan sekitar 60 persen bahan game console ini terbuat dari material daur ulang.

Saat berada dalam mode stand by alias lama tidak aktif, PS4 sama sekali tidak menggunakan tenaga listrik. Sony mengklaim 0 watt daya yang dikonsumsi. Jika benar, PS4 tak hanya ramah lingkungan, tapi juga ramah kantong.

PS4, yang diperkirakan bakal mulai diproduksi secara massal pada akhir tahun ini dan diluncurkan tahun depan, didesain oleh Joseph Dumary. Yang menarik, PS4 akan memiliki beberapa fitur layaknya sebuah komputer pribadi atau PC.

Salah satu fitur yang membuat banyak orang kagum adalah kemampuannya menyimpan data permainan. Ketika PS4 tak dimainkan dan power-nya mati secara otomatis dan dihidupkan kembali, posisi terakhir game saat ditinggalkan akan tetap sama.

Fitur tersebut selama ini hanya dimiliki PC. Dengan begitu, untuk bermain kembali, tak perlu dilakukan start ulang. Artinya, penggunaan daya listrik dipastikan berkurang banyak. PS4 akan mati secara otomatis bila tak dipakai selama 30 menit.

Selain menampilkan fitur baru tersebut, PS4 dilengkapi dengan hard drive sebesar 1,5 terabita, meski penggunaan solid-state drive (SSD) lebih disukai dengan alasan lebih ramah lingkungan.

Kelebihan lain yang dimiliki PS4 adalah kemampuannya menampilkan video tiga dimensi dengan 3D Blu-ray, port HDMI, Clound Saving, DPConnect Bravia Sync, dan banyak lagi.

Rumor yang berkembang menyebutkan bahwa kemungkinan PS4 akan menjadi console game terakhir yang diproduksi Sony. Nantinya, bersama Microsoft, mereka akan membuat console game baru yang lebih dahsyat.

Hingga kini belum diketahui secara pasti kapan PS4 diluncurkan. Namun, menurut sumber yang dapat dipercaya dan dekat dengan Sony, perusahaan asal Jepang itu sudah melakukan permintaan produksi sebanyak 20 juta unit PS4 untuk tahun depan.


YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)